Rapat Koordinasi Pokja Percepatan Perhutanan Sosial Pendamping Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018

Foto untuk : Rapat Koordinasi Pokja Percepatan Perhutanan Sosial Pendamping Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018

HutSos atau yang banyak di kenal dengan Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat atau masyarakat hukum adat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk 5 skema HutSos, yaitu Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Rakyat, Hutan Adat da Kemitraan Kehutanan. Dinamika Perhutanan Sosial yang cukup cepat dan dinamis memerlukan koordinasi dan kolaborasi yang intensif. Oleh karena itu Pokja Percepatan Perhutanan Sosial (POKJA PPS) sebagai salah satu Lembaga resmi untuk mengawal kinerja dari Perhutanan Sosial bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara/The Nature Conservancy bermaksud untuk melakukan korrdinasi bersama seluruh anggota POKJA PPS kaltim sehingga perkembangan perhutanan sosial dapat terkoordinasikan dengan baik khususnya di Kalimantan Timur, selain itu fungsi lainnya adalah untuk memastikan berjalannya Perhutanan Sosial yang aman dan tepat sasaran.

Maksud dan Tujuan kegiatan acara Rapat Koordinasi POKJA PPS dan Pendamping Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018 adalah : Mendiskusikan perkembangan Perhutanan Sosial di Provinsi kalimantan Timur termasuk update kegiatan yang sudah dilakukan di semua lokasi Perhutanan Sosial yang sudah berijin., Melakukan sinkronisai data Perhutanan Sosial baik data spaasial maupun data non spasial sehingga lebih tersistematis dan memudahkan dalam melakukan monitoring dan evaluasi oleh POKJA PPS Kaltim kedepannya, Mengetahui hambatan dan tantangan Perhutanan Sosial di Provinsi Kalimantan Timur, Menemukan solusi dan inovasi yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di Perhutanan Sosial di Provinsi Kalimntan Timur.

Dalam sambutannya  Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur yang di wakili oleh Kepala Bidang DAS dan RHL mengucapkan terima kasih atas kedatangan seluruh anggota POKJA PPS Kaltim, dan kedepan kegiatan-kegiatan HutSos dapat di kolaborasikan dengan Rehab DAS, hal lain ditambahkan bahwa untuk Hutan Adat di dorong tidak hanya di APL tetapi juga di Kawasan Hutan.

Rapat ini diadakan pada hari Kamis 20 Desember 2018 di Hotel Selyca Samarinda yang dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang DAS dan RHL yang didampingi oleh Plt. Kepala Bidang Perhutanan Sosial dan dihadiri oleh OPD-OPD lain dan NGO-NGO di Provinsi  Kalimantan Timur.

Pempov Kaltim
Kemen LHK
KPH
Vlog
Form Permohonan Data