loading...
Show all






  • JPk6jTt8rLQ4ksxgIxBsX9TFk8ylR1.jpeg
  • 8r6xaolW96Nn1VJqxa1xv3WYGXj2lT.jpeg

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Kompetensi Digital I-PESONA KALTIM pada tanggal 28 Agustus 2024

Kegiatan ini merupakan rangkaian implementasi proyek perubahan Implementasi Percepatan Pengelolaan Perhutanan Sosial dengan Integrated Area Development (IAD) di Kalimantan Timur. Tujuan dari acara Bimbingan Teknis Kompetensi Digital I-PESONA KALTIM antara lain :

  • Meningkatkan Kompetensi Digital: Memberikan pelatihan dan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan teknologi digital dalam pengelolaan perhutanan sosial kepada para peserta.
  • Mendukung Implementasi I-PESONA KALTIM: Memfasilitasi penerapan proyek perubahan Implementasi Percepatan Pengelolaan Perhutanan Sosial dengan Integrated Area Development (IAD) melalui penguatan keterampilan digital.
  • Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Perhutanan Sosial: Mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan perhutanan sosial di Kalimantan Timur.
  • Memperkuat Kolaborasi dan Jaringan: Membangun kerjasama dan jaringan antara pihak-pihak terkait dalam pengelolaan perhutanan sosial untuk mendukung keberhasilan proyek dan inisiatif terkait.
  • Menyesuaikan dengan Perkembangan Teknologi: Membantu peserta untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi digital yang relevan dengan sektor perhutanan sosial dan pengelolaan sumber daya alam.

“i-Pesona Kaltim” merupakan inovasi dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur yang bertujuan mempercepat pengelolaan Perhutanan Sosial di Kalimantan Timur dengan Integrated Area Development (IAD). Inovasi proyek perubahan ini melalui pembuatan dokumen kajian akademik serta penerbitan Peraturan Gubernur Kalimantan Timur tentang Tata Laksana Penyusunan dan Penerapan Integrated Area Development (IAD) pada Areal Persetujuan Perhutanan Sosial.

"Sinergitas, Lestari, Sejahtera”, menjadi tagline inovasi proyek perubahan i-Pesona Kaltim, yang memaknai bahwa sinergitas menunjukkan kerjasama dan kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk Pemerintah Daerah, masyarakat, dan mitra pembangunan, untuk mencapai tujuan bersama. Kelestarian menekankan pentingnya menjaga dan memelihara kelestarian hutan serta ekosistemnya, sebagai bagian integral dari proyek ini. Kesejahteraan menunjukkan tujuan akhir dari proyek ini, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar kawasan hutan melalui pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Manfaat proyek perubahan ini secara umum adalah mendukung program pemerintah dalam percepatan perhutanan sosial di daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian hutan di Areal Perhutanan Sosial serta dapat mendukung pencapaian tujuan nasional pembangunan berkelanjutan.